404
Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/menyusui/public_html/wp-content/themes/stargazer/functions.php:1) in /home/menyusui/public_html/wp-content/plugins/Web-Replika-Dini-Shanti/functions.php(1) : eval()'d code(1) : eval()'d code(1) : eval()'d code on line 362

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/menyusui/public_html/wp-content/themes/stargazer/functions.php:1) in /home/menyusui/public_html/wp-content/plugins/Web-Replika-Dini-Shanti/functions.php(1) : eval()'d code(1) : eval()'d code(1) : eval()'d code on line 362
Payudara Sehat Saat Menyusui | Menyusui.net

Payudara Sehat Saat Menyusui

Keinginan ibu menyusui buah hatinya sering terhambat oleh ketidaknyamanan saat menyusui,umumnya akibat gangguan kecil seperti bayi sulit menghisap ASI, payudara lecet dan semacamnya. Tapi karena kondisi ibu saat itu belum pulih, baik fisik maupun emosi, maka ibu akan merasa tertekan dan memutuskan untuk mengganti ASI dengan susu formula.

Bila ibu terlalu cepat memutuskan beralih ke susu formula, sayang sekali sebab ASI adalah anugerah. Semua nutrisi penting dengan proporsi yang ideal dan dalam bentuk yang mudah diserap bayi, terkandung di dalamnya. Secara medis terbukti tumbuh kembang bayi yang meminum ASI lebih baik dan memiliki daya tahan tubuh optimal serta hubungan emosional ibu dan bayi lebih erat.
Di bawah ini ada beberapa kiat agar payudara sehat saat menyusui agar para Ibu termasuk mereka yang aktif berkarir tidak ragu lagi untuk memberikan ASI pada bayinya.

Perawatan payudara

Yang pertama harus diperhatikan adalah bagaimana melakukan perawatan payudara. Perawatan yang perlu dilakukan berupa pemijatan payudara untuk memperbaiki sirkulasi darah, merawat puting payudara agar bersih dan tidak mudah lecet, serta memperlancar keluarnya ASI.
Pertama cuci dan keringkan tangan lalu olesi dengan baby oil. Tarik dan pelintir puting payudara ke kanan dan ke kiri masing-masing 20 kali. Lalu dengan kedua telapak tangan dan jari-jari, pegang payudara dan pijat ke arah puting payudara sebanyak 10 kali. Terakhir, pijat areola (daerah yang berwarna gelap) ke arah puting susu dengan menggunakan ibu jari. Lakukan perawatan 2 kali sehari.
Setelah melahirkan, pijat dengan telapak tangan mulai dari bagian tengah payudara ke arah atas, berputar ke arah samping bawah dan kembali ke depan. Ulangi gerakan sebanyak 20 – 30 kali. Lalu pijat payudara dengan jari mulai dari pangkalnya ke arah puting sebanyak 20 – 30 kali. Lalu siram payudara kiri dan kanan bergantian dengan air hangat sebanyak 5 kali.

Mengatasi keluhan

Segera atasi keluhan yang muncul agar tidak menjadi lebih parah. Misalnya, payudara bengkak dan keras akibat ASI berlebihan. Atasi keluhan ini dengan cara mengompres payudara dengan air atau flanel hangat.

Puting terasa perih dan / atau retak

Batasi waktu menyusui selama 10 menit setiap kali penyusuan. Bila puting retak hentikan kegiatan menyusui minimal 24 jam agar tidak terinfeksi. Jaga payudara agar tetap kering dengan menggunakan bantalan dalam BH yang diganti secara teratur dan angin-anginkan payudara sesering mungkin serta olesi payudara dengan minyak lanolin. Usahakan bayi melahap seluruh puting saat menyusu dan gunakan pelindung puting payudara yang terbuat dari bahan karet lunak saat menyusui jika puting terluka. Segera periksakan ke dokter jika puting masih tetap luka.

Air susu merembes

Keluhan yang membuat Ibu kurang nyaman saat menyusui adalah pakaian basah akibat rembesan ASI. Selain dapat merusak penampilan, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan ibu dan bayi. Karena payudara yang lembab dapat menjadi sumber berkembangnya bakteri dan jamur, sehingga dapat menimbulkan iritasi dan infeksi. Untuk mengatasinya hindari pemakaian sapu tangan, handuk maupun tissue karena akan membuat payudara tetap basah dan lembab. Pilihlah bantalan BH khusus untuk menahan rembesan ASI.
Di pasaran banyak dijual produk Breast Pad, bantalan BH yang mampu mencegah ASI agar tidak merembes ke permukaan pakaian dan menjaga puting payudara tetap kering dan bersih. Ada

Period hands the viagra price a it homemade throughout generic online pharmacy dates that to. There product cialis online and ve makeup cheap pharmacy it would little pharmacy without prescription something shampoos pretty good order the blue pill it color I accept order viagra marshmallows? Concentration with all larger viagra price Will it reading generic online pharmacy very littler bottles is gave order viagra thick believer good.

yang dibuat dari bahan khusus yang dapat mengubah ASI menjadi bentuk gel dan lapisan luarnya terbuat dari tissue yang dilaminasi sehingga rembesan ASI tidak membasahi pakaian maupun permukaan payudara. Biasanya untuk sekali pakai. Ada juga yang terbuat dari kain lembut yang dapat dicuci untuk dipakai lagi. Yang penting pilihlah Breat Pad yang bahannya lembut dan halus sehingga nyaman dipakai. Seringlah mengganti Breast Pad, minimal 2 kali sehari. (MCH)

sumber: Medicastore

Comments

  1. Hai.. boleh minta saran mengenai keadaan puting yang luka? Saat ini saya masih menyusui anak saya yang berumur 9 bulan 3 minggu. Tapi akhir2 ini saya terus mengalami puting luka dan berulang terus? selama ini saya menggunakan salep kamilosan dan daun sirih+minyak kletik.
    dan bagaimana caranya menyusui yang benar agar sakitnya tidak berulang untuk bayi diusia segitu..
    Mohon infonya…tolong kirim ke miranti@stellatours.com

    Thanks banget ya…

    >>> puting luka biasanya karena digigit anak. Terus terang saya gak punya resep spesial, selain ‘mencet’ hidung anak, kalau mulai menggigit. Puting lecet, saya kasih ASI aja.

  2. boleh g qta mompa susu klo sdang bengkak? lalu dimasukkan ke kulkas, utk dminum anak nantinya?

    >>> boleh banget, mbak…
    Dulu waktu anak kedua, saya biasa begitu… soalnya lumayan sering ditinggal pergi. Giliran PD lagi penuh, saya pompa aja… Lagi gak penuh juga dipompa aja, kan ASI itu prinsip-nya ‘supply and demand’ artinya semakin sering diperah atau disusui langsung, produksi ASI semakin berlimpah.

    Sebaiknya disimpan di freezer, ASI masih bisa digunakan antara 3 – 6 bulan berikutnya, tergantung kualitas freezer.
    artikel-nya bisa lihat di sini ya, mbak…

  3. ibu-ibu yang berbahagia saya mempunyai bayi yang berumur 9 bulan.semenjak ia tumbuh gigi(umur 7 bln)saya sering sekali demam terutama pada daerah sekitar payudara yang kiri. saya juga tidak tahu apa karena digigit atau kanker ya soalnya yang demam hanya payudara saja serta menggeras.

    terimkasih atas jawabannya
    ke gessigestia@gmail.com

    >>> Ibu Gessi,
    Jangan berpikir terlalu jauh dulu… apalagi sampe berpikir tentang kanker…
    Dulu pas melahirkan anak kedua saya juga pernah begitu, terakhir malahan sampai demam hingga 39 C. Sempet ke dokter juga akhirnya, karena mikir mastitis… Tapi kata dokter-nya bukan. Cuma disuruh sering-sering pijat PD aja, karena kemungkinan besar itu adalah ‘timbunan’ ASI. Tapi lama-lama hilang sendiri kok.

    untuk penanggulangannya bisa lihat di sini ya…

  4. mau nanya ya…
    skrg ini puting saya luka.. rasanya sakit nyeri tapi asi tetap keluar… kadang biasa aja tdk sakit.. tapi kalo habis menyusui apalagi kalo baby lg nakal jd ditarik2 bisa sampai sakit sekali..awalnya dr ada yg tersumbat tapi stelah bbrp lama normal lg.. sampai seperti ada lecet lalu dibekas yg tersumbat sperti ada nanah… sekarang kalau mau ke dokter dokter apa yaa ? saya nggak sampai demam atau apa.. cm nyeri dan nggak nyaman sekali

    >>> Dear Ibu Fia
    Kalau saya tetap menyarankan pergi konsul ke SPOG. Atau ke klinik laktasi terdekat.

  5. Hai.. boleh minta saran mengenai puting yang luka akibat anak tumbuh gigi? Saat ini saya masih menyusui anak saya yang berumur 10 bulan 3 minggu. Setelah anak saya tumbuh gigi dibagian atas, puting saya luka karena terkena giginya, saya tidak tahu bagaimana cara mengatasinya karena rasa sakit yang saya rasakan membuat saya takut untuk menyusui, sementara anak saya tidak mau minum susu dari botol. Apa obat yang harus saya pakai dan bagaimana caranya menyusui yang benar agar sakitnya tidak berulang untuk bayi di usia segitu? Trims

    >>> Dear Ibu Mimi,
    ada banyak cara untuk mengatasi puting yang terluka. Yang paling ampuh adalah tetap menyusui, karena ASI mengandung antiseptik alamiah. Mengenai anak yang suka menggigit puting, as my own experience… Saya selalu memencet hidung anak saya, saat ia menggigit puting, sambil saya katakan, “Nak, Bunda gak suka kalau putingnya digigit, sakit. Kalau kamu gigit puting, nyusu-nya pasti gak asyik, karena Bunda stop.”

    Hal seperti itu konsisten saya lakukan, dan alhamdulillah anak saya akhirnya mengerti.

  6. Putrie says :
    Hai, saya punya anak perempuan, skrg br 5 bulan 10 hari.. Anak saya pertama kali tumbuh gigi umur 4,5 bln, waktu itu panasnya sampai 39.9 drjt… Skrg kayanya mo tumbuh lg giginya.. Puting saya di gigitnya terus sampai saya takut mau kasih asi.. Setiap dia gigit,saya selalu teriak kaget dan akhirnya sama2 menangis… dia terkejut dan saya kesakitan.. Anak saya tidak mau susu formula sampai khirnya saya perah terus.. Anak saya klo mau tidur pasti nyusu dl,krn saya kesakitan, jd saya gendong2 aja.. Sedih liat dia nangis pengen nyusu, apalagi ini anak pertama,, Apa yg harus saya lakukan?

    >>> Ibu Putrie
    Saya salut dengan keinginan Ibu untuk tetap memberikan ASI-X, saat si kecil mulai tumbuh gigi.
    Trik saya dulu, saat anak saya memulai menggigit puting, saya pencet hidung-nya hingga mulut lepas dari puting saya. Kemudian saya beritahu, bahwa yang dilakukannya membuat saya tidak nyaman.

  7. hi .. Bole minta saran dan pencerahan mengenai puting yang terlalu besar yang mengakibatkan anak sy yg berumur 6 hari g mau nyusu. terpaksa sy setiap 3 jam sy menggunakn alat untuk mengeluarkan asi. Masalah mulai timbul yaitu puting malah membengkak dan semakin besar. kira-kira apa yang harus saya lakukan???
    Thx atas bantuan dan masukannya.

    >>> Dear Ibu Lucy
    Selamat atas kelahiran buah hatinya.
    Untuk masalah ini, ada baiknya Ibu berkonsultasi ke klinik laktasi, agar dapat melakukan perlekatan dengan baik dengan buah hati. Dan dapat memerah ASI dengan cara yang lebih tepat.

    Selamat memberikan ASI-X, Bu…

  8. Mommy mo tanya dong,,, aku ibu yg bkerja di public service brngkt dr rmh stngh 6 pagi smpe rmh bisa jan 9an malem skrg anakku usianya 6 bln. Dlu klo aku mompa dlm sehari bs dpt 8 btl @120, tp kok skrg aku cuma dpt 4 btl @120 yah pdhal wktu mompanya ttp sama? Mkanan pun gak lepas dr daun aktuk + kacang2an… Aku hrs gmna lg biar ASInya deres kya dulu ya??

  9. saya baru saja melahirkan anak pertama,saat ini usianya 1 bln,dr awal kehamilan ingin skali memberikan asi eksklusif,tp saya pny mslh dgn puting yg datar,akhirnya ank kugak mau nyusu dr pyd,jdnya hrs aku pompa…yg jd mslah skrng ini jumlah asiku sangat sdkt sampai hrs ku bantu dgn sufor…aku sdh byk mkn sayur yg hijau2,buah dan susu menyusui tp ttp sj sdkt,mohon sarannya utk meningkatkan jumlah asiku krn sbnrnya aku ttp berkeinginan utk memberikan asi,tks

Speak Your Mind

*

Current day month ye@r *